Berkomunikasi Dengan Mengurangi Bicara

loading...
Tips Menjadi Lawan Bicara yang Menyenangkan

sedikit bicara banyak kerja

Kita sebagai makhluk sosial tentu sering melakukan komunikasi dengan orang lain entah itu saudara, teman – teman, atau siapapun yang kita jumpai. Melakukan komunikasi tentu merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Dengan melakukan komunikasi, seseorang akan merasa lebih hidup dan memiliki banyak teman yang dapat membantu dalam berbagai macam keadaan. Dalam melakukan komunikasi terkadang kita sering sekali melakukan kesalahan yang membuat orang yang kita ajak berkomunikasi menjadi kecewa ataupun kurang nyaman dengan kita.

Kesalahan – kesalahan tersebut seringkali muncul pada setiap orang yang melakukan komunikasi dua arah. Terkadang seseorang menjadi lebih dominan dalam berkomunikasi dua arah, hal tersebut tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan dalam berkomunikasi. Seolah – olah lawan bicara kita menjadi kurang dianggap jika kita terlalu mendominasi pembicaraan tersebut.

Dengan demikian kita perlu mengetahui bahwa cara melakukan komunikasi yang baik adalah dengan cara mengurangi bicara. Cara komunikasi tersebut sangat baik diterapkan karena dengan melakukan hal tersebut kita mengetahui kapan kita harus berbicara dan kapan kita harus diam. Jika kita dalam berkomunikasi lebih banyak berbicara atau menguasai pembicaraan secara terus menerus akan memberikan kesan bahwa kita sedang menghakimi seseorang yang ada di hadapan kita.

Oleh karena itu demi menghindarkan kita dari suasana menghakimi orang lain, kita disarankan agar mengurangi bicara agar orang yang kita ajak bicara menjadi nyaman dan menjadi lebih dihormati. Orang lain yang kita ajak bicara tentu mempunyai berbagai macam hal yang ingin diutarakan, oleh sebab itu memberikan kesempatan pada orang lain untuk berbicara tentu akan membuatnya nyaman ketika berkomunikasi dengan kita. Dengan mengurangi bicara kita tentu akan mendapatkan banyak manfaat dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Manfaatnya seperti yang telah diungkapkan tadi yaitu lawan bicara kita akan merasa nyaman dan lebih dihormati. Dengan demikian ketika kita ingin bicara juga mereka akan mendengarkan dan menghormati kita. Ketika kita sudah mendapatkan lawan bicara yang seperti itu tentu kita akan mendapatkan teman yang siap membantu kita dalam berbagai macam hal ketika kita sedang susah.

Pada saat berkomunikasi, jika memang giliran kita untuk bicara sudah tiba, kita juga harus berbicara namun kita perlu menguranginya dengan berbicara secukupnya saja. Dengan demikian kita juga dapat menghindarkan diri kita dari berbagai macam masalah yang timbul akibat dari apa yang kita bicarakan. Tentu mengurangi bicara akan membuat kesempatan orang lain untuk tersinggung menjadi sedikit. Hal ini dikarenakan belum tentu orang lain menerima apa yang kita omongkan, terkadang orang lain juga dapat tersinggung dengan apa yang kita omongkan.

Tips Menjadi Lawan Bicara yang Menyenangkan

Dengan mengurangi bicara tentu kita akan membuat orang lain tidak tersinggung dengan omongan kita. Hal tersebut membuat kita terhindar dari konflik yang muncul lewat pembicaraan tersebut. Selain itu juga terkadang ada orang yang salah menangkap apa yang kita bicarakan. Hal tersebut juga dapat menimbulkan konflik dalam pembicaraan tersebut. Namun jika tidak ada orang yang salah menangkap pembicaraan kita, dengan demikian kita akan mendapat kepercayaan dari orang lain yang kita ajak bicara.

Melakukan komunikasi sangatlah penting bagi manusia sebagai makhluk sosial. Agar kita sukses dalam melakukan komunikasi dengan orang lain tentu kita harus mengurangi bicara kita dan memperbanyak mendengar apa yang dibicarakan oleh orang lain. Selain menambah pengetahuan tentang apa yang belum kita ketahui, hal tersebut juga menghindarkan kita dari berbagai macam konflik.

Share Button
Penilaian Anda

loading...

Related posts

Leave a Comment